Pemuaian Zat

A.  Tujuan

  1. Menentukan pengaruh jenis zat terhadap pemuaian zat padat
  2. Menentukan pengaruh suhu terhadap pemuaian berbagai zat

B.  Dasar Teori

Salah satu sifat zat pada umumnya adalah mengalami perubahan dimensi/ukuran (panjang, luas dan volume) jika dikenai kalor. Jika suatu zat diberi kalor maka zat tersebut akan mengalami:

  • Perubahan suhu (mengalami kenaikan suhu)
  • Perubahan wujud/fase
  • Pemuaian/ekspansi (mengalami pertambahan ukuran), besar kecilnya pertambahan dipengaruhi jenis benda, ukuran benda mula-mula dan jumlah kalor yang diberikan.

Perubahan ukuran benda karena kenaikan suhu biasanya tidak besar kadang-kadang tidak dapat diamati terutama pada zat padat, namun akibatnya dapat dirasakan

Pada zat padat jika dipanaskan akan mengalami pemuaian panjang, luas, dan volum. Pemuaian pada zat padat yang hanya berpengaruh pada pertambahan panjang zat disebut muai panjang. Selain itu, meskipun ketiga batang yang panjangnya sama ini mengalami kenaikan suhu yang sama, tetapi pertambahan panjang ketiganya berbeda. Perbedaan pertambahan panjang ini disebabkan oleh perbedaan koefisien muai panjang.

Koefisien muai panjang (a) suatu bahan adalah perbandingan antara pertambahan panjang (Δl) terhadap panjang awal benda () persatuan kenaikan suhu (ΔT), secara matematis dinyatakan sebagai :

(1)

 

Dimana a = Koefisien muai panjang, = Pertambahan panjang, = Panjang mula mula, ΔT    = Kenaikan suhu

Berbeda pada pemuaian zat padat, pada fluida hanya dikenal pemuaian volume. Jadi, pada umumnya volume bertambah ketika suhunya dinaikkan. Karena molekul fluida lebih bebas dibandingkan molekul zat padat, maka pemuaiannya lebih besar dibandingkan pada zat padat. Sifat pemuaian fluida inilah yang digunakan sebagai dasar  untuk pembuatan termometer. Secara umum pemuaian zat cair berlaku:

Vt = V0(1 + g.DT)                                                  (2)

lebih lengkapDOWNLOAD DISINI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s