Pembelajaran Berdasarkan Masalah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SMP Laboratorium Unesa
Mata Pelajaran : Sains Fisika
Kelas/Semester : IX/2
Pokok Bahasan : Elektromagnet dan Gaya Lorentz
Alokasi Waktu : 1      Jam Pelajaran (35 menit/jam)
A.  Standar Kompetensi :

4.   Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

B.  Standar Kompetensi :

4.2.  Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi.

C.  Indikator Pembelajaran
1.    Produk

Menjelaskan cara meningkatkan kecepatan mobil Tamiya.

2.    Proses

Melakukan penyelidikan cara meningkatkan kecepatan mobil Tamiya

3.    Psikomotor

Membongkar dan merakit mobil Tamiya.

4.    Keterampilan Sosial

  •  Bertanya.
  •  Mengemukakan ide.

 D.  Tujuan Pembelajaran

1.    Produk

  1. Siswa dapat menentukan prinsip kerja dari mobil Tamiya.
  2. Siswa dapat menjelaskan cara meningkatkan kecepatan mobil Tamiya.

2.    Proses

  1. Diberikan permasalahan mobil Tamiya, siswa dapat merumuskan masalah autentik sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.
  2. Diberikan permasalahanmobil Tamiya, siswa dapat merumuskan hipotesis secara deduktif sesuai rincian tugas kinerja yang ditentukan.
  3. Diberikan permasalahan autentik, siswa dapat merencanakan sebuah eksperimen (identifikasi variabel, definisi operasional variabel, merancang prosedur, dan merancang tabel data) untuk menjawab permasalahan itu.
  4. Diberikan permasalahan mobil Tamiya, siswa dapat melaksanakan eksperimen sesuai rincian tugas kinerja yang ditentukan.
  5. Diberikan data hasil pengamatan, siswa dapat menganalisis data sesuai rincian tugas kinerja yang ditentukan.
  6. Diberikan data hasil pengamatan, siswa dapat menyimpulkan hasil eksperimen.
  1. 1.    Psikomotor

Diberikan 1 set mobil Tamiya, siswa dapat membongkar dan merakit mobil Tamiya sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.

  1. 2.    Keterampilan Sosial

Mengikuti KBM berpusat pada siswa, melakukan komunikasi meliputi bertanya dan mengemukakan idetanpa diminta.

 C.  Materi Pembelajaran

Motor Listrik (Buku Siswa hal: 193 – 195)

 D.  Strategi Pembelajaran

Model Pembelajaran   : Pembelajaran Berdasarkan Masalah

Metode Pembelajaran : Diskusi, tanya jawab, dan eksperimen

 E.  Langkah Pembelajaran

Pendahuluan (± 10 menit)

Fase 1 Mengorientasikan Siswa pada Masalah

  1. Memotivasi siswa dengan menunjukkan permasalahan Pungky yang kalah dalam lomba Ekspedisi Tamiya Racing 2009.

Dalam suatu perlombaan ekspedisi Tamiya Racing, Pungky mengalami kekalahan, karena mobilnya lebih lambat dibandingkan mobil peserta lainnya

Melalui tanya jawab, guru meminta siswa menyampaikan masalah yang dialami Pungky. Masalah diorientasikan pada:

Bagaimanakah cara meningkatkan kecepatan mobil Tamiya?

2.Menyampaikan tujuan pembelajaran meliputi produk, proses, psikomotor, dan keterampilan sosial.

Inti (± 25menit)

Fase 2 Mengorganisasikan Siswa untuk Belajar

  1. Melalui tanya jawab, guru mengingatkan kembali konsep materi gaya Lorentz yang berkaitan dengan mobil Tamiya mengacu pada Buku Siswa halaman 193–195, serta mengingatkan kembali keterampilan memecahkan masalah yang akan digunakan.
  2. Membagikan LKS 5 dan menjelaskan logistik  yang diperlukan, kemudian mengecek pemahaman siswa dalam membongkar dan merakit mobil Tamiya.
  3. Membagi siswa dalam kelompok terdiri 3-4 anggota tiap kelompok, kemudian meminta salah satu anggota kelompok mengambil logistik yang disediakan.

Fase 3 Membantu Penyelidikan Mandiri dan Kelompok

  1. Membimbing siswa merencanakan sebuah eksperimen mengacu pada LKS 5 dengan menerapkan keterampilan memecahkan masalah yang sudah dilatihkan (meliputi: merumuskan masalah autentik, merumuskan hipotesis, mengidentifikasi variabel dan definisi operasional variabel, merancang prosedur eksperimen, dan merancang tabel data hasil pengamatan).
  2. Membimbing siswa melaksanakan eksperimen berdasarkan rencana yang telah dibuat.
  3. Membimbing siswa menganalisis serta membuat kesimpulan berdasarkan data hasil pengamatan.

Fase 4 Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

  1. Membimbing siswa merencanakan dan menyiapkan laporan.

Membimbing siswa mempresentasikan laporan hasil eksperimennya di depan kelas, sementara kelompok yang lain menanggapi.

Penutup (± 10 menit)

Fase 5. Mengevaluasi Kegiatan

  1. Membimbing siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran hari ini berkaitan dengan prinsip kerja mobil Tamiya, dan cara memperbesar kecepatan mobil Tamiya.
  2. Mengecek pemahaman siswa dengan meminta siswa mengerjakan THB.
  3. Membimbing siswa mengevaluasi proses pembelajaran.

Mengingatkan kepada siswa untuk mempelajari kembali materi elektromagnet dan gaya Lorentz untuk ujian pada pertemuan 5.

C.  Penilaian Hasil Belajar

LP Produk dan Proses

D.  Sumber Pembelajaran

  1. Buku BSE Fisika untuk SMP dan MTS Kelas IX Hal: 120-126
  2. LKS 5: Mobil Tamiya

DaftarPustaka

Handayani, S dan Damari, A. 2009. Fisika untuk SMP dan MTS Kelas IX. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

 

 

Nama: _____________________ Kelompok: _____  Kelas : ____  Tanggal : __________

LKS 5

CARA MENINGKATKAN KECEPATAN MOBIL TAMIYA

A.  Tujuan Pembelajaran

Menjelaskan cara meningkatkan kecepatan mobil Tamiya

B.  Permasalahan

Dalam perlombaan ekspedisi Tamiya Racing kemarin, Punky mengalami kekalahan karena mobil Tamiyanya lebih lambat dibandingkan mobil peserta lain. Pungky bingung mencari cara untuk meningkatkan kecepatan mobil Tamiyanya agar bisa memenangkan ekspedisi Tamiya Racing 2010.

Seperti kamu ketahui bahwa, mobil Tamiya merupakan mobil mainan yang digerakkan oleh motor listrik, dimana motor listrik bekerja berdasarkan prinsip gaya Lorentz. Gaya Lorentz adalah gaya yang timbul pada sebuah penghantar berarus listrik yang berada dalam medan magnet. Besarnya gaya Lorentz bergantung pada panjang kawat penghantar, besar arus, dan besar medan magnet.

Gambar  6.1 Mobil Tamiya

Apabila kawat penghantar yang digunakan berupa kumparan, maka semakin banyak jumlah lilitan kawat yang digunakan, maka gaya Lorentz yang dihasilkan semakin besar.

C.  Alat dan Bahan yang dimiliki Pungki

  1. Mobil Tamiya                                                                                      1 set
  2. Motor listrik dengan 20 lilitan kawat, diameter kawat 0,2 mm          1 buah
  3. Motor listrik dengan 20 lilitan kawat, diameter kawat 0,3 mm          1 buah
  4. Motor listrik dengan 20 lilitan kawat, diameter kawat 0,4 mm          1 buah
  5. Motor listrik dengan 30 lilitan kawat, diameter kawat 0,2 mm          1 buah
  6. Motor listrik dengan 40 lilitan kawat, diameter kawat 0,2 mm          1 buah
  7. Baterai ABC                                                                                       2 buah
  8. Baterai Alkaline                                                                                  2 buah
  9. Stopwatch                                                                                           1 buah

D.  Rencana Eksperimen

Rencanakan sebuah Eksperimen  untuk memecahkan masalah Pungky sebagai berikut: “Bagaimanakah cara meningkatkan kecepatan mobil Tamiya?”

  1. Rumusan Masalah

Buatlah rumusan masalah berdasarkan pertanyaan di atas!

…………………………………………………………………………..……………..……

  1. Rumusan Hipotesis

Buatlah sebuah hipotesis untuk menjawab rumusan masalah di atas!

…………………………………………………………………………..……………..……

  1. Variabel Eksperimen

Berdasarkan hipotesis yang kamu buat, identifikasilah variabel dan definisi operasional variabel yang diperlukan.

Variabel Manipulasi: ………………………………………………….………………….

Definisi Operasional Variabel Manipulasi:

…………………………………………………………………………………………..……

Variabel Respon: …………………………………………………………..……………..

Definisi Operasional Variabel Respon:

…………………………………………………………………………………………..……

Variabel Kontrol: ……………………….………………………………………………..

Definisi Operasional Variabel Kontrol:

…………………………………………………………………………..……………..……

  1. Prosedur Eksperimen

…………………………………………..……………………………………………..……

……………………………………………………..………………………………..………

 

  1. Rancangan Tabel Data Hasil Pengamatan

…………………………………………..……………………………………………..……

……………………………………………………..………………………………..………

E.  Lakukan eksperimen dan catat data hasil pengamatanmu sesuai dengan rancangan yang kamu buat kemudian

 F.   Analisis Hasil Eksperimen

…………………………………………..…………………………………………………..……

……………………………………………………..……………………………………..………

 G.  Kesimpulan

…………………………………………..…………………………………………………..……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s