Perangkat Pembelajaran IDL Terbimbing

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SMA 1 Syahputra
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XI/2
Pokok Bahasan : Fluida Statis
Sub. Pokok Bahasan Tekanan Hidrostatis
Alokasi Waktu : 1 x 2 Jam Pelajaran (45 Menit/Jam Pelajaran)
A.  Standar Kompetensi

:

5. Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasiksistem kontinu dalam menyelesaikan masalah
B.  Kompetensi Dasar   

:

5.2  Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis dan dinamis serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

C.  Indikator
1.    Kognitif

a. Produk

1)   Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan hidrostatis.

2)   Menjelaskan perbedaan antara tekanan hidrostatis dengan tekanan mutlak.

3)   Menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan tekanan hidrostatis.

4)   Memberikan contoh penerapan tekanan hidrostatis dalam kehidupan sehari-hari

b. Proses

1) Melakukan percobaan tekanan hidrostatis.

2) Menganalisis penyelesaian permasalahan berkaitan dengan tekanan hidrostatis.

2.    Psikomotor

Merakit percobaan tekanan hidrostatis.

3.    Afektif

Keterampilan sosial: Bertanya, menyumbang ide, dan menjadi pendengar yang baik.

D.  Tujuan Pembelajaran
2.    Kognitif

a. Produk

1)   Siswa dapat mendefinisikan tekanan hidrostatis.

2)   Diberikan gambar, siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan hidrostatis.

3)   Siswa dapat menyebutkan besarnya tekanan atmosfer di atas permukaan air.

4)   Siswa dapat menjelaskan perbedaan antara tekanan hidrostatis dan tekanan mutlak.

5)   Diberikan permasalahan, siswa dapat menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan tekanan hidrostatis.

6)   Siswa dapat memberikan contoh penerapan tekanan hidrostatis dalam kehidupan sehari-hari

b. Proses

Melakukan percobaan tekanan hidrostatis (merumuskan hipotesis, identifikasi variabel dan definisi operasional variabel, melaksanakan eksperimen, menganalisis data, dan membuat kesimpulan).

2) Diberikan permasalahan, siswa dapat menganalisis penyelesaian permasalahan berkaitan dengan tekanan hidrostatis.

  2. Psikomotor

Merakit percobaan tekanan hidrostatis.

 3. Afektif

Keterampilan Sosial:Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai membuat kemajuan  dalam menunjukkan keterampilan sosial bertanya, menyumbang ide, dan menjadi pendengar yang baik.

E.  Materi Pembelajaran

  1. Fluida yang ada di sekitar kita selalu mengalami gaya gravitasi yang arahnya ke bawah.
  2. Benda di dalam zat cair akan mengalami tekanan hidrostatis yaitu gaya persatuan luas yang besarnya dipengaruhi oleh kedalaman, massa jenis zat cair, dan percepatan gravitasi bumi.
  3. Tekanan hidrostatis dirumuskan p = r g h, dimana p adalah tekanan (Pa), r adalah massa jenis zat cair (kg/m3), g adalah percepatan gravitasi bumi (m/s2), dan h adalah kedalaman zat cair (m).
  4. Tekanan hidrostatis (ph) : tekanan yang dialami benda dalam zat cair dipengaruhi oleh kedalaman (h), massa jenis zat cair (r) dan percepatan gravitasi bumi (g)

 

Dirumuskan:   ph = r g h

Karena di atas permukaan zat cair mendapat tekanan dari udara luar (pu), maka tekanan total (pt) yang dialami benda yang berada dalam zat cair sebesar:

pt = pu + ph

pt = pu + r g h

  1. Dalam keadaan normal, tekanan udara di atas permukaan air laut sebesar 1 atm atau 1,05 x 105 Pa.

F.  Alokasi Waktu: 2 x 45 menit (2Jam Pelajaran)

 G.  Model dan Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran   : IDL Terbimbing

Metode Pembelajaran : Diskusi, tanya jawab, daneksperimen

 H.Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan (10 menit)

Fase 1: Mengorientasikan masalah

  1. Memotivasi siswa dengan meminta beberapa siswa menekan gabus di dalam beker gelas berisi air. Meminta siswa tersebut menceritakan kepada teman-temannya apa yang dirasakan saat menekan balok semakin ke dalam.

Masalah yang diharapkan muncul dari siswa:

Mengapa ketika menekan balok kayu semakin dalam terasa semakin berat dan ketika tekanan pada balok dilepaskan balok tersebut kembali mengapung?

  1. Menyampaikan tujuan pembelajaran produk, proses, psikomotor, dan afektif.

Inti (± 70 menit)

Fase 2: Mempersiapkan Percobaan

  1. Melalui Tanya jawab, mengingatkan kembali materi tekanan hidrostatisdan persamaan tekanan hidrostatis mengacu pada Hand Outhal1-5
  1. Mendemonstrasikan keterampilan proses sains untuk menyelesaikan LKS 1 Tekanan Hidrostatis, mulai dari merumuskan hipotesis, mengidentifikasi variabel dan definisi operasional variabel, merakit percobaan, melaksanakan percobaan, menganalisis, prediksi,membuat kesimpulan, dan menjawab soal penerapan.
  2. Membagi siswa dalam kelompok belajar terdiri dari 3 – 4 anggota tiap kelompok, kemudian membagikan LKS 1 beserta alat dan bahan kepada setiap kelompok.

Fase 3: Melaksanakan Percobaan

  1. Membimbing siswa merencanakan percobaan mengacu pada LKS 1 dengan menerapkan keterampilan proses sains meliputi merumuskan hipotesis, mengidentifikasi variabel, dan definisi operasional variabel.
  2. Membimbing siswa melaksanakan percobaan sesuai dengan prosedur dalam LKS 1

Fase 4: Melakukan Inferensi/Prediksi

  1. Membimbing siswa menganalisis data hasil pengamatan dengan menjawab soal analisis dalam LKS 1.
  2. Melakukan prediksi dengan menjawab soal prediksi dalam LKS 1, kemudian menguji kebenaran prediksi yang telah dibuat.
    1. Membimbing siswa membuat kesimpulan berdasarkan hasil analisis dan prediksi yang telah dilakukan.
    2. Membimbing siswa mendiskusikan soal penerapan materi pada LKS 1.

Fase 5: Merefleksi Pemecahan Masalah

Melalui diskusi kelas, guru membimbing siswa merangkum hasil pembelajaran  berkaitan dengan tekanan hidrostatis dan membantu siswa menemukan jawaban dari fenomena di awal pembelajaran.

Penutup (± 10 menit)

  1. Membimbing siswa menganalisis dan mengevaluasi proses pembelajaran.
  2. Mengecek pemahaman siswa dengan meminta siswa mengerjakan soal THB 1.

Mengingatkan siswa untuk mempelajari materi hukum Pascal mengacu pada Hand Out halaman 6-10

  1. A.  Penilaian Hasil Belajar
  2. LP 1 Produk
  3. LP 2 Proses

J.  Sumber Pembelajaran

  1. Hand Out Tekanan Hidrostatis
  2. LKS 1: Tekanan Hidrostatis
  3. Media: Power Point dan LCD

Daftar Pustaka

Handayani, S dan Damari, A. 2009. Fisika untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Nur, M. 2009. Keterampilan-keterampilan Proses Sains. Draf buku yang sedang dalam proses penulisan.

Nama: ___________________ Kelompok: _____  Kelas : ____  Tanggal : __________

LKS 1

TEKANAN HIDROSTATIS

 A.  Tujuan Pembelajaran

Melakukan penyelidikan tekanan hidrostatis.

B.  Alat dan Bahan

    1. Wadah zat cair                          1 Buah
    1. Zat Cair (air dan air garam)         1 Buah
    2. Selang  1 m                              1 Buah
    3. Pipa U                                      1 Buah
    4. Corong plastik                           1 Buah
    5. Balon                                       1 Buah

 C.  Rumusan Masalah

Bagaimanakah pengaruh kedalaman terhadap tekanan hidrostatis?

D.  Rumusan Hipotesis

Buatlah sebuah hipotesis untuk menjawab rumusan masalah di atas!

……………………………………………………………………………………………………

E.  Variabel Eksperimen

Variabel Manipulasi  (Apa yang kamu ubah): ………………………….…………………

Definisi Operasional Variabel Manipulasi: ……………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

Variabel Respon (Apa yang kamu amati atau kamu ukur): ……………..………………

Definisi Operasional Variabel Respon: ……………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………

Variabel Kontrol (Apa yang kamu jaga supaya kondisinya sama): …………………..

Definisi Operasional Variabel Kontrol: ……………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………

C.  Prosedur Eksperimen

Lakukan eksperimen berdasarkan prosedur di berikut ini!

  1. Rangkailah alat dan bahan seperti Gambar 1. Usahakan kedua ujung pipa U berisi air yang seimbang.
    1. Letakkan ujung corong tepat di atas permukaan air (titik A). Catatlah perbedaan ketinggian kedua pipa U. Catat hasil pengamatanmu pada Tabel 1.

Ulangi langkah 2 dengan posisi corong di titik B dan C.
D.  Data Hasil Pengamatan

Catatlah hasil pengamatanmu pada Tabel 1 di bawah ini!

Tabel 1 Data Percobaan Tekanan Hidrostatis

No

Zat

Kedalaman

Perbedaan Ketinggian zat cair pada pipa U

1

Air

A

 

2

Air

B

 

3

Air

C

 

E.  Analisis Data

Apabila posisi corong menunjukkan kedalaman zat cair dan perbedaan ketinggian menunjukkan tekanan hidrostatis, maka jelaskan pengaruh kedalaman terhadap tekanan hidrostatis? ………………………………………………………………………………………

F.   Prediksi

Prediksilah, bagaimana tekanan hidrostatis yang dialami benda pada kedalaman yang sama tetapi massa jenisnya berbeda? ……………………………………………………………….

G.  Menguji Prediksi

Ujilah prediksimu dengan cara meletakkan corong pada kedalaman zat cair yang sama pada air dan air garam, catatlah perbedaan ketinggian zat cair pada pipa U. Apakah hasilnya sesuai dengan prediksimu? ……………………………………………………..

 H.  Kesimpulan Umum

Buatlah kesimpulan berdasarkan analisis dan hasil uji prediksimu?

………………………………………………………………………………………………………………………

 I.     Penerapan (Catatan: untuk indikator yg belum dicapai melalui kegiatan di atas)

  1. Apakah perbedaan antara tekanan hidrostatis dengan tekanan mutlak? Tuliskan rumusnya! …………………………………………………………………………
  2. Faza memiliki kolam renang di rumahnya, kedalamannya 1,8m. Tekanan udara saat itu 1 atm. Jika massa jenis air 1000 kg/m3dan g = 10 m/s maka tentukan:

a. tekanan hidrostatis di dasar kolam! …………………………………………….

b. tekanan mutlak di dasar kolam! ………………………………………………..

  1. Berikan 3 contoh penerapan tekanan hidrostatis dalam kehidupan sehari-hari!

…………………………………………………………………………………….

Daftar Pustaka

Handayani, S dan Damari, A. 2009. Fisika untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s