Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah : SMA 1 Syahputra
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XI/2
Pokok Bahasan : Fluida Statis
Sub. Pokok Bahasan Tekanan Hidrostatis
Alokasi Waktu : 1        x 1 Jam Pelajaran (45 Menit/Jam Pelajaran)
  1. A.  Standar Kompetensi

:

5. Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasiksistem kontinu dalam menyelesaikan masalah
  1. B.  Kompetensi Dasar   

:

5.2  Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis dan dinamis serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

C.  Indikator
1.  Produk

Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan hidrostatis.

2.  Proses

Melakukan penyelidikan tekanan hidrostatis (merumuskan hipotesis, identifikasi variabel dan definisi operasional variabel, melaksanakan eksperimen, menganalisis data, dan membuat kesimpulan).

3.  Psikomotor

  Merakit percobaan tekanan hidrostatis.

4.  Afektif

Keterampilan sosial: Bertanya, menyumbang ide, dan menjadi pendengar yang baik.

D.  Tujuan Pembelajaran

1.    Produk

  1. Siswa dapat mendefinisikan tekanan hidrostatis.
  2. Diberikan gambar, siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan hidrostatis.

2. Proses

a.    Diberikan permasalahan, siswa dapat merumuskan hipotesis sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.

b.    Diberikan permasalahan, siswa dapat mengidentifikasi variabel sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.

c.    Diberikan permasalahan, siswa dapat mendefinisi operasionalkan variabel sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.

d.   Diberikan data hasil pengamatan, siswa dapat menganalisis data sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.

e.    Diberikan data hasil pengamatan, siswa dapat membuat kesimpulan dengan benar.

3.    Afektif

Keterampilan Sosial: Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai membuat kemajuan  dalam menunjukkan keterampilan sosial bertanya, menyumbang ide, dan menjadi pendengar yang baik.

E.  Materi Pembelajaran

1.    Fluida yang ada di sekitar kita selalu mengalami gaya gravitasi yang arahnya ke bawah.

2.    Benda di dalam zat cair akan mengalami tekanan hidrostatis yaitu gaya persatuan luas yang besarnya dipengaruhi oleh kedalaman, massa jenis zat cair, dan percepatan gravitasi bumi.

3.    Tekanan hidrostatis dirumuskan p = r g h, dimana p adalah tekanan (Pa), r adalah massa jenis zat cair (kg/m3), g adalah percepatan gravitasi bumi (m/s2), dan h adalah kedalaman zat cair (m).

F.  Strategi Pembelajaran

Model Pembelajaran   : Model Pembelajaran Kooperatif  Tipe STAD

Metode Pembelajaran : Diskusi, tanya jawab, dan eksperimen

G.  Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan (± 10 menit)

Fase 1 Memotivasi Siswa dan Menyampaikan Tujuan

1.    Memotivasi siswa dengan meminta beberapa siswa menekan gabus di dalam beker gelas berisi air.

Meminta siswa tersebut menceritakan kepada teman-temannya apa yang dirasakan saat menekan balok semakin ke dalam.

 Masalah yang diharapkan muncul dari siswa:

Mengapa ketika menekan balok kayu semakin dalam terasa semakin berat dan ketika tekanan pada balok dilepaskan balok tersebut kembali mengapung?

2. Menyampaikan tujuan pembelajaran produk, proses, psikomotor, dan afektif.

 

Inti (± 25menit)

Fase 2 Menyajikan Informasi

1.    Melalui Tanya jawab, guru menggali konsep tekanan hidrostatis mengacu pada Hand Out hal 1-5.

2.    Menjelaskan prosedur menyelesaikan LKS 1 Tekanan Hidrostatis, dimulai dari cara merumuskan hipotesis, mengidentifikasi variabel dan definisi operasional variabel, merakit dan melaksanakan percobaan, menganalisis dan membuat kesimpulan.

3.    Menjelaskan keterampilan sosial yang akan diterapkan selama pembelajaran meliputi bertanya, menyumbang ide, dan menjadi pendengar yang baik.

Fase 3 Mengorganisasi Siswa ke dalam kelompok-kelompok Belajar

4.    Membagi siswa menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri  4–5 anggota heterogen, kemudian meminta salah satu anggota kelompok mengambil LKS 1 beserta alat dan bahan yang diperlukan.

Fase 4 Membimbing Kelompok Bekerja dan Belajar

5.    Membimbing siswa dalam kelompok mendiskusikan LKS 1 mulai dari cara merumuskan hipotesis, mengidentifikasi variabel dan definisi operasional variabel, merakit percobaan, melaksanakan percobaan, menganalisis dan membuat kesimpulan dan mendiskusikan soal pemantapan.

6.    Mengarahkan siswa selama berdiskusi dengan cara membantu kelompok yang mengalami kesulitan.

Fase 5 Evaluasi

7.    Membimbing siswa mempresentasikan hasil kinerja kelompok di depan kelas, sementara kelompok yang lain diminta menanggapi.

8.         Melalui diskusi kelas, guru membimbing siswa membuat kesimpulan tentang tekanan hidrostatis dan menjawab permasalahan di awal pembelajaran.

Mengecek pemahaman siswa dengan meminta siswa mengerjakan kuis secara mandiri.

Penutup (± 10 menit)

Fase 6 Memberikan Penghargaan

1.         Memberikan penghargaan kepada individu/kelompok yang berprestasi

2.         Membimbing siswa mengevaluasi proses pembelajaran.

Mengingatkan siswa untuk mempelajari materi hukum Pascal mengacu pada Hand Out hal 6-10

H.  Penilaian Hasil Belajar

Lembar Penilaian Tekanan Hidrostatis

 I.  Sumber Pembelajaran

Hand Out Fluida Statis

LKS 1: Tekanan Hidrostatis (Hal: 18)

 

Daftar Pustaka

Handayani, S dan Damari, A. 2009. Fisika untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s