Perangkat Pembelajaran Penemuan Terbimbing

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

  Sekolah : SMP Laboratorium Unesa  
  Mata Pelajaran : Sains Fisika  
  Kelas/Semester : IX/2  
  Pokok Bahasan : Elektromagnet dan Gaya Lorentz  
  Alokasi Waktu : 1 x 2 Jam Pelajaran (35 menit/jam)  
A.  Standar Kompetensi : 4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
B.  Standar Kompetensi : 1.2.   Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan

dalam produk teknologi.

C. Indikator Pembelajaran

1. Produk

  1. Menjelaskan hubungan antara arus listrik, medan magnet, dan gaya Lorentz.
  2. Menjelaskan pemanfaatan gaya Lorentz dalam produk teknologi.

2. Proses

Melakukan penyelidikan gaya Lorentz.

3. Psikomotor

Merakit rangkaian gaya Lorentz.

4. Keterampilan Sosial

Bertanya dan mengemukakan ide.

 D.  Tujuan Pembelajaran

1.    Produk

a. Siswa dapat menentukan definisi gaya Lorentz.

b. Diberikan gambar percobaan gaya Lorentz, siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi gaya Lorentz.

c. Diberikan gambar  kawat  lurus berarus berada dalam medan magnet, siswa dapat menentukan hubungan antara arah arus listrik, arah medan magnet dan arah gaya Lorentz.

d.Ditunjukkan gambar, siswa dapat menjelaskan pemanfaatan gaya Lorentz dalam produk teknologi.

2.    Proses

  1. Diberikan permasalahan, siswa dapat merumuskan hipotesis secara deduktif sesuai rincian tugas kinerja yang ditentukan.
  2. Diberikan permasalahan, siswa dapat merencanakan sebuah eksperimen (mengidentifikasi variabel dan definisi operasional variabel) untuk menjawab permasalahan itu.
  3. Diberikan prosedur eksperimen, siswa dapat melaksanakan percobaan sesuai rincian tugas kinerja yang ditentukan.
  4. Diberikan data hasil pengamatan, siswa dapat menganalisis data dengan menjawab pertanyaan yang diberikan sesuai rincian tugas kinerja yang ditentukan.
  5. Diberikan data hasil pengamatan, siswa dapat menyimpulkan hasil eksperimen.

3.    Psikomotor

Diberikan skema, alat dan bahan yang diperlukan, siswa dapat merakit rangkaian percobaan gayaLorentz sesuai rincian tugas kinerja yang ditentukan.

4.    Keterampilan Sosial

Mengikuti KBM berpusat pada siswa, melakukan komunikasi meliputi bertanya dan mengemukakan idetanpa diminta.

E.  Materi Pembelajaran

Gaya Lorentz (Buku Siswa hal: …)

F.   Strategi Pembelajaran

Model Pembelajaran   : Pembelajaran Penemuan Terbimbing

Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan eksperimen

 D.  Langkah Pembelajaran

Pendahuluan (± 10 menit)

Fase 1 Menyampaikan Motivasi dan Tujuan, serta Menampilkan Suatu Informasi Masalah

  1. Memotivasi siswa dengan meminta siswa mengamati sebuah galvanometer. Kemudian galvanometer dihubungkan dengan sebuah baterai siswa diminta mengamati apa yang terjadi.

Berdasarkan hasil pengamatan siswa, diharapkan timbul permasalahan:

Mengapa jarum galvanometer bergerak saat dihubungkan dengan suatu sumber arus listrik.

2. Menyampaikan tujuan pembelajaran meliputi produk, proses, psikomotor, dan keterampilan sosial.

Inti (± 25menit)

Fase 2 Menjelaskan Langkah-langkah Penemuan dan Mengorganisasikan Siswa dalam Belajar

  1. Melalui tanya jawab, guru meminta siswa menggaris bawahi informasi penting berkaitan dengan gaya Lorentz, serta mengingatkan keterampilan proses yang akan digunakan.
  2. Membagikan LKS 4 dan menjelaskan logistik yang diperlukan, mengecek pemahaman siswa dalam merakit rangkaian gaya Lorentz.
  3. Membagi siswa dalam kelompok belajar terdiri 3 – 4 anggota tiap kelompok, kemudian meminta salah satu anggota kelompok mengambil logistik yang disediakan

    Fase 3 Membimbing Siswa Bekerja Melakukan Kegiatan Penyelidikan/Penemuan

    1. Membimbing siswa merencanakan sebuah eksperimen untuk menjawab permasalahan dalam LKS 4, mulai dari merumuskan hipotesis, mengidentifikasi variabel dan definisi operasional variabel.
    2. Membimbing siswa melaksanakan sebuah eksperimen yang mengacu pada LKS 4 sehingga diperoleh data pengamatan.
    3. Membimbing siswa menganalisis data serta membuat kesimpulan melalui pertanyaan terbimbing dalam LKS 4.
    4. Memantapkan pemahaman siswa, dengan meminta siswa mendisku-sikan pertanyaan pemantapan dalam LKS 4.

    Fase 4 Membimbing Siswa Mempresentasikan Hasil Penemuan

    1. Membimbing siswa merencanakan dan menyiapkan laporan.

    Membimbing siswa mempresentasikan laporan hasil eksperimen di depan kelas

Penutup (± 10 menit).

Fase 5 Analisis Proses Penemuan dan Memberikan Umpan Balik

  1. Membimbing siswa merangkum hasil pembelajaran hari ini serta menjawab permasalahan di awal pembelajaran.
  2. Mengecek pemahaman siswa dengan meminta siswa mengerjakan THB.
  3. Menganalisis dan memberikan umpan balik  berkaitan dengan proses penemuan yang dilakukan siswa.

Mengingatkan siswa agar mempelajari kembali materi gaya Lorentz untuk pertemuan selanjutnya.

 D.  Penilaian Hasil Belajar

LP Produk dan Proses

 E.  Sumber Pembelajaran

  1. Buku BSE Fisika untuk SMA dan MA Kelas XI Hal: 112-113
  2. LKS 4: Gaya Lorentz

 

DaftarPustaka

Handayani, S dan Damari, A. 2009. Fisika untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Nama: ___________________ Kelompok: _____  Kelas : ____  Tanggal : __________

LKS 4

GAYA LORENTZ

 A.  Tujuan Pembelajaran

 Menjelaskan hubungan arus listrik, medan magnet, dan gaya Lorentz.

 B.  Alat dan Bahan

  1. Kit gaya Lorentz                                               1 set
  2. Baterai + Tempatnya                                         3 set
  3. Magnet U                                                          3 buah
  4. Kawat tembaga berdiameter 0,4 mm                secukupnya
  5. Konektor                                                           secukupnya

 C.  Rumusan Masalah

Bagaimanakah pengaruh besarnya arus listrik terhadap gaya Lorentz yang dihasilkan?

 D.  Rumusan Hipotesis

Buatlah sebuah hipotesis untuk menjawab rumusan masalah di atas!

Semakin besar arus listrik, maka gaya Lorentz yang dihasilkan semakin besar.

 E.  Variabel Eksperimen

Variabel Manipulasi: Besar arus listrik.

Definisi Operasional Variabel Manipulasi:

Mengatur arus listrik dengan menggunakan 1 baterai, 2 baterai, dan 3 baterai.

 Variabel Respon: Besar gaya Lorentz.

Definisi Operasional Variabel Respon:

Besar gaya Lorentz ditunjukkan oleh besarnya penyimpangan kawat terhadap posisi semula dan dinyatakan secara kualitatif yaitu sedikit menyimpang, agak menyimpang, dan jauh menyimpang.

 Variabel Kontrol: Jenis dan panjang kawat, medan magnet, posisi awal kawat

Definisi Operasional Variabel Kontrol:

Selama percobaan jenis kawat tembaga, 1 buah magnet U, panjang kawat sama dengan lebar magnet U.

 F.   Prosedur Eksperimen

Lakukan eksperimen berdasarkan prosedur di berikut ini!

  1. Rangkailah alat seperti Gambar di atas. Atur posisi magnet U tepat di tengah-tengah kawat dan menggunakan baterai sebanyak 1 buah. Posisi saklar dalam keadaan terbuka. Amati apa yang terjadi pada kawat!
  2. Hidupkan saklar, amati apa yang terjadi pada kawat dan catat hasil pengamatanmu pada Tabel 1!
  3. Ulangi langkah 1 s/d 2 dengan menggunakan 2 buah dan 3 buah baterai!

 A.  Data Hasil Pengamatan

Catatlah hasil pengamatanmu pada Tabel 1.

Tabel 1. Hasil Pengamatan Eksperimen Gaya Lorentz

No

Jumlah baterai

Penyimpangan Kawat

1

1 buah

Sedikit

2

2 buah

Agak jauh

3

3 buah

Jauh

B.  Analisis Data

Berdasarkan data hasil eksperimen, lakukan interpretasi data!

  1. Pada saat saklar dalam keadaan terbuka, pada kawat tidak ada arus listrik dan posisi kawat tetap. hal ini menunjukkan bahwa pada kawat tidak timbul gaya Lorentz.
  2. Pada saat saklar dihubungkan, maka pada kawat mengalir arus listrik, saat dihubungkan dengan 1 buah baterai posisi kawat sedikit mengalami penyimpangan, saat dihubungkan 2 buah baterai posisi kawat agak besar penyimpangannya, dan saat dihubungkan dengan 3 buah baterai, posisi kawat besar penyimpangannya.

Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak baterai yang digunakan maka arus yang mengalir pada kawat semakin besar dan penyimpangan kawat semakin besar yang menunjukkan bahwa gaya Lorentz yang timbul pada kawat juga semakin besar.

 C.  Pertanyaan Pemantapan

  1. Jelaskan faktor-faktor lain yang mempengaruhi gaya Lorentz selain kuat arus listrik?

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi gaya Lorentz

  • § Kuat medan magnet

Semakin besar kuat medan magnet, maka gaya Lorentz yang dihasilkan juga semakin besar.

  • § Panjang kawat penghantar yang berada dalam medan magnet

Semakin panjang kawat yang berada dalam medan magnet, maka gaya Lorentz yang dihasilkan juga semakin besar.

  1. Sebuah kawat berarus listrik i berada dalam pengaruh medan magnet B seperti gambar di bawah ini, tentukan arah gaya Lorentznya!

i

B

Dengan menggunakan kaidah telapak tangan kanan, dimana ibu jari menunjuk arah arus listrik, empat jari menunjuk arah medan magnet, dan telapak tangan menunjuk arah gaya Lorentz, diperoleh arah gaya Lorentz masuk bidang kertas.

  1. Jelaskan pemanfaatan gaya Lorentz dalam produk teknologi!

No

Pemanfaatan

Kegunaan

1. Multimeter Alat ukur besaran listrik (hambatan listrik, tegangan listrik, dan kuat arus listrik).
2. Galvanometer Alat untuk mengetahui ada tidaknya arus listrik dalam suatu rangkaian.
3. Kipas angin Mengubah energi listrik menjadi energi gerak.
4. Mobil Tamiya Mobil mainan dapat mengubah energi listrik menjadi energi gerak.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s