PERANGKAT PENGAJARAN LANGSUNG

Contoh RPP 1: Pengajaran Langsung dengan LKS Eksperimen

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah : SMA 1 Syahputra
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XI/2
Pokok Bahasan : Fluida Statis
Sub. Pokok Bahasan Tekanan Hidrostatis
Alokasi Waktu : 1 x 1 Jam Pelajaran (45 Menit/Jam Pelajaran)
  1. A.  Standar Kompetensi

:

5. Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik

sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah

  1. B.  Kompetensi Dasar   

:

5.2  Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis dan dinamis serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

 C.  Indikator

1.    Produk

Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan hidrostatis.

2.    Proses

Melakukan percobaan tekanan hidrostatis

3.    Psikomotor

Merakit percobaan tekanan hidrostatis.

4.    Afektif

Keterampilan sosial: Bertanya, menyumbang ide, dan menjadi pendengar yang baik.

D.  Tujuan Pembelajaran

1.    Produk

A. Siswa dapat mendefinisikan tekanan hidrostatis.

B. Diberikan gambar, siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempenguhi besarnya  tekanan hidrostatis.

2.    Proses

  1. Diberikan permasalahan, siswa dapat merumuskan hipotesis sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.
  2. Diberikan permasalahan, siswa dapat mengidentifikasi variabel sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.
  3. Diberikan permasalahan, siswa dapat mendefinisi operasionalkan variabel sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.
  4. Diberikan data hasil pengamatan, siswa dapat menganalisis data sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.
  5. Diberikan data hasil pengamatan, siswa dapat membuat kesimpulan dengan benar
    3.    Afektif

Keterampilan Sosial: Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai membuat kemajuan  dalam menunjukkan keterampilan sosial bertanya, menyumbang ide, dan menjadi pendengar yang baik.

E.  Materi Pembelajaran

  1. Fluida yang ada di sekitar kita selalu mengalami gaya gravitasi yang arahnya ke bawah.
  2. Benda di dalam zat cair akan mengalami tekanan hidrostatis yaitu gaya persatuan luas yang besarnya dipengaruhi oleh kedalaman, massa jenis zat cair, dan percepatan gravitasi bumi.
  3. Tekanan hidrostatis dirumuskan p = r g h, dimana p adalah tekanan (Pa), r adalah massa jenis zat cair (kg/m3), g adalah percepatan gravitasi bumi (m/s2), dan h adalah kedalaman zat cair (m).

 F.   Strategi Pembelajaran

Model Pembelajaran   : Model Pengajaran Langsung (MPL)

Metode Pembelajaran : Diskusi, tanya jawab, dan eksperimen

G.  Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan (± 10 menit)

  1. Memotivasi siswa dengan meminta beberapa siswa gabus di dalam beker gelas berisi air. (Fase 1 MPL)
  2. Meminta siswa tersebut menceritakan kepada teman-temannya apa yang dirasakan saat menekan balok semakin ke dalam.
  3. Masalah yang diharapkan muncul dari siswa:

Mengapa ketika menekan balok kayu semakin dalam terasa semakin berat dan ketika tekanan pada balok dilepaskan balok tersebut kembali mengapung?

4. Menggali pengetahuan awal siswa dengan menanyakan konsep fluida statis dan tekanan. (Apersepsi)

5.Menyampaikan tujuan pembelajaran produk, proses, psikomotor, dan afektif. (Fase 1 MPL)

Inti (± 25 menit)

  1. Menyampaikan konsep tekanan hidrostatis (Fase 2 MPL)
  2. Mendemonstrasikan prosedur menyelesaikan LKS 1, dimulai dari cara merumuskan hipotesis, mengidentifikasi variabel dan definisi operasional variabel, merakit percobaan, melaksanakan percobaan, menganalisis dan membuat kesimpulan. (Fase 2 MPL)
  3. Membagi siswa menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri 4 – 5 anggota, kemudian meminta perwakilan kelompok mengambil LKS 1 beserta alat dan bahan yang diperlukan.
  4. Membimbing pelatihan awal dengan meminta siswa dalam kelompok mengulangi kegiatan pada LKS 1 sesuai dengan prosedur yang dijelaskan. (Fase 3 MPL)
  5. Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik melalui tanya jawab saat siswa mengerjakan LKS 1 dalam kelompok. (Fase 4 MPL)
  6. Dipandu Pemantapan pada LKS 1, guru memberikan pelatihan lanjutan dengan meminta kelompok merencanakan eksperimen untuk menjelaskan pengaruh massa jenis zat cair terhadap tekanan hidrostatis. (Fase 5 MPL)
  7. Membimbing siswa melaksanakan eksperimen dan membuat kesimpulan hasil pengamatan. (Fase 5 MPL).

Penutup (± 10 menit)

  1. Melalui diskusi kelas, guru membimbing siswa merangkum hasil pembelajaran  berkaitan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan hidrostatis dan membantu siswa menemukan jawaban dari fenomena di awal pembelajaran.
  2. Mengecek pemahaman siswa dengan meminta siswa mengerjakan LP (apabila waktu tidak mencukupi dijadikan PR).
  3. Membimbing siswa mengevaluasi proses pembelajaran yang dilakukan.
  4. Mengingatkan siswa untuk mempelajari materi hukum Pascal

HPenilaian Hasil Belajar

LP 1: Produk dan Proses

LP 2: Aktivitas Siswa

 J.  Sumber Pembelajaran

  1. Buku BSE Fisika untuk SMA dan MA Kelas XI Hal: 110-111
  2. LKS 1: Tekanan Hidrostatis

 Daftar Pustaka

Handayani, S dan Damari, A. 2009. Fisika untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

 

Nama: ___________________ Kelompok: _____  Kelas : ____  Tanggal : __________

LKS 1

TEKANAN HIDROSTATIS

A.  Tujuan Pembelajaran

 Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan hidrostatis.

 B.  Alat dan Bahan

1. Wadah zat cair                                             1 Buah

2. Zat Cair (air, spiritus, dan gliserin)                  1 Buah

3. Selang  1 m                                                  1 Buah

4. Pipa U                                                          1 Buah

5. Corong plastik                                                1 Buah

6.Balon                                                             1 Buah

 C.  Rumusan Masalah

Bagaimanakah pengaruh kedalaman terhadap tekanan hidrostatis?

 D.  Rumusan Hipotesis

Buatlah sebuah hipotesis untuk menjawab rumusan masalah di atas!

……………………………………………………………………………………………………

 E.  Variabel Eksperimen

Variabel Manipulasi  (Apa yang kamu ubah): ………………………….…………………

Definisi Operasional Variabel Manipulasi: ……………………………………………

Variabel Respon (Apa yang kamu amati atau kamu ukur): ……………..………………

Definisi Operasional Variabel Respon: ……………………………………………….

Variabel Kontrol (Apa yang kamu jaga supaya kondisinya sama): …………………..

Definisi Operasional Variabel Kontrol: ……………………………………………….

 F.   Prosedur Eksperimen

Lakukan eksperimen berdasarkan prosedur di berikut ini!

  1. Rangkailah alat dan bahan seperti Gambar 1. Usahakan kedua ujung pipa U berisi air yang seimbang.
    1. Letakkan ujung corong tepat di atas permukaan air (titik A). Catatlah perbedaan ketinggian kedua pipa U. Catat hasil pengamatanmu pada Tabel 1.

  1. Ulangi langkah 2 dengan posisi corong di titik B dan C.

 G.  Data Hasil Pengamatan

Catatlah hasil pengamatanmu pada Tabel 1 di bawah ini!

Tabel 1 Data Percobaan Tekanan Hidrostatis

No

Posisi Corong di Titik …

Perbedaan Ketinggian

1

A

 

2

B

 

3

C

 

  H.  Analisis Data

Lakukan analisis berdasarkan data yang telah kamu peroleh.

  1. Apabila posisi corong menunjukkan kedalaman zat cair dan perbedaan ketinggian menunjukkan tekanan hidrostatis, maka jelaskan pengaruh kedalaman terhadap tekanan hidrostatis? ……………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………………………..

  1. Jelaskan faktor-faktor lain yang memperngaruhi tekanan hidrostatis?

…………………………………………………………………………………………………………………..

I.     Pemantapan

  1. Rencanakan sebuah eksperimen untuk menjelaskan pengaruh massa jenis zat cair terhadap tekanan hidrostatis?

Rencana yang kamu buat terdiri dari rumusan masalah, rumusan hipotesis, identifikasi variabel dan definisi operasional variabel, dan rancangan tabel data hasil pengamatan.

  1. Lakukan eksperimen sesuai dengan rancangan yang telah kamu buat!
  2. Kesimpulan apakah yang kamu peroleh

 

J.    Kesimpulan Umum

……………………………………………………………………………………………………………………………

Daftar Pustaka

Handayani, S dan Damari, A. 2009. Fisika untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Nama: ________________________ Kelas : ___________  Tanggal : _____________

Lembar Penilaian

 A.  Produk

  1. Apakah yang dimaksud dengan tekanan hidrostatis…………………………………
  2. Perhatikan gambar di bawah ini!

Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan yang dialami benda ………………………. …………………..

B.  Proses

  1. Perhatikan permasalahan pada gambar di samping!

Rencanakan sebuah eksperimen untuk menjawab permasalahan “bagaimanakah pengaruh volume zat cair terhadap tekanan hidrostatis?”

  1. Rumusan Hipotesis

………………………………………………………………………………….

  1. Identifikasi variabel

Variabel manipulasi: ……………………………………………..……………

Variabel respon : ………..………………………………………..……………

Variabel kontrol: ……………………………………………..……..…………

  1. Definisi operasional variabel

Variabel manipulasi  : ………………………………………..…..……………

Variabel respon         : …………………………………………..…..…………

Variabel kontrol        : …………………………………………………..……..

  1. Perhatikan Tabel data hasil pengamatan di bawah  ini!

No

Kedalaman

Volume Zat Cair

Perbedaan Ketinggian Zat Cair dalam Pipa U

1

20 cm

400 ml

10 cm

2

20 cm

600 ml

10 cm

3

20 cm

800 ml

10 cm

  1. Bagaimanakah hubungan antara volume zat cair dengan perbedaan ketinggian zat cair pada pipa U? ………………………………………….…………………….
  2. Apabila perbedaan ketinggian zat cair pada pipa U menunjukkan besarnya tekanan hidrostatis, buatlah kesimpulan! ……………………………………….

………………………………………………………………………………

Daftar Pustaka

Nur, M. 2011. Modul Keterampilan-keterampilan Proses Sains. Surabaya: PSMS Unesa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s